GO BOOK “SIPINTAR” (Silahkan Pinjam Kami Antar) Untuk Perpustakaan

  GO BOOK “SIPINTAR” (Silahkan Pinjam Kami Antar)



Sebagai solusi Pelayanan pengantaran Buku

Tanggal pelaksanaan inovasi pelayanan publik :             2020 

Kategori inovasi pelayanan publik: Pendidikan

Tujuan Inisiatif  GO BOOK  SIPINTAR sebuah solusi memberikan layanan pada masyarakat khususnya warga Kota Surakarta melalui pelayanan prima jemput bola, masyarakat yang harus dirumah saja selama pandemi covid-19 dalam rangka pemutusan mata rantai penyebaran covid-19.

 

Keselarasan Dengan Kategori Yang Dipilih

GO BOOK “SIPINTAR” selaras dengan amanat undang undang No 43 Tahun 2007 dalam menimbang poin C :

Bahwa dalam rangka meningkatkan kecerdasan kehidupan bangsa, perlu tumbuhkan budaya gemar membaca melalui pengembangan dan pendayagunaan perpustakaan sebagai sumber informasi  yang berupa karya tulis, karya cetak, dan/atau karya rekam.

 

Jelaskan keterkaitan inovasi dengan kategori yang dipilih.

Jawaban: Program GO BOOK “SIPINTAR” selaras dengan tujuan Dinas kearsipan dan Perpustakaan kota Surakarta dalam rangkamenoptimalkan pelayanan utamanya Perpustakaan yang bergerak dengan membawa bahan perpustakaan untuk melayani masyarakat dari satu tempat ke tempat lain yang belum terjangkau oleh perpustakaan umum.

Signifikansi (Arti Penting) Jelaskan bagaimana inisiatif ini berperan penting dalam mengatasi kekurangan/ kelemahan tata kelola,administrasi umum atau pelayanan publik di suatu negara atau wilayah tertentu. Inisiatif tersebut harusberdampak positif terhadap kelompok-kelompok penduduk, termasuk kelompok yang rentan (yaitu anak-anak, perempuan, orang tua, orang cacat, dll.) dalam konteks negara atau wilayah Anda:

Jawaban:

Go Book SIPINTAR dipandang penting dan perlu karena melalui “SIPINTAR” masyarakat dapat memperoleh kemudahan:

  1. Akses
  2. Informasi yang dibutuhkan

 

Inovasi

Jelaskan mengapa inisiatif ini inovatif dalam konteks negara atau wilayah Anda.

Jawaban:

Sebagai bentuk komitmen Pemerintah Kota Surakarta maka Perpustakaan Umum Kota Surakarta ber inisiasi memberikan layanan pada masyarakat khususnya warga Kota Surakarta melalui pelayanan prima jemput bola, masyarakat yang harus dirumah saja selama pandemi covid-19 dalam rangka pemutusan mata rantai penyebaran covid-19.

 

Jelaskan apakah inovasi ini asli atau apakah itu merupakan adaptasi/modifikasi/replikasi dari kontekslain.

Jawaban:

GO BOOK “SIPINTAR” bentuk kepedulian Pemerintah Kota Surakarta kepada masyrakat di era pandemi covid-19 sebagai bentuk pelayanan prima dari perpustakaan umum Kota Surakarta. Masyarakat cukup berselasar kemudian men telepon memilih buku yang di inginkan dan kami siap mengantar.

 

Transferabilitas

Apakah inovasi tersebut memiliki potensi dan/atau terbukti telah diterapkan dan diadaptasi (disesuaikan)ke dalam konteks lain (misalnya negara atau wilayah lain) ?

Jika ya, tolong jelaskan di mana danbagaimana prosesnya

Jawaban:

GO BOOK “SIPINTAR” dapat menginisiasi dan meng inspirasi daerah lain untuk daerah lain untuk melakukan hal yang sama mengingat permasalahan wabah covid-19 menjadi permasalahan global.

 

Sumber Daya

GOBOOK “SIPINTAR” merupakan upaya pemberdayaan sumberdaya manusia yang diwujudkan melalui pustakawan bergerak dengan tehnik jemput bola pada masyarakat yang harus dirumah saja selama pandemi covid-19 dalam rangka pemutusan mata rantai penyebaran covid-19, dengan cara;

  1. Motor perpustakaan keliling (TORPUSLING)
  2. Sepeda perpustakaan keliling (DAPUSLING)

Dengan melakukan kegiatan GOBOOK “SIPINTAR” ini masyarakat lebih efektif dan efisien.

Dampak

 

Apakah inovasi ini telah dievaluasi secara resmi skala dampaknya, melalui evaluasi internal ataueksternal misalnya evaluasi yang dilakukan oleh APIP atau lembaga lain yang relevan.

Jawaban:

Internal

Dapat meng optimalkan seluruh SDM dan sarpras yang ada.

Eksternal

Masyarakat dapat memperoleh kemudahan:

  1. Akses
  2. Informasi yang di butuhkan

Jelaskan bagaimana inovasi ini dievaluasi dampaknya pada:

Target/kelompok sasaran.Kelompok masyarakat di luar kelompok sasaran.Aspek tata pemerintahan instansi (misalnya efisiensi anggaran, perbaikan proses bisnis,kolaborasi antar satuan unit kerja/perangkat daerah dan/atau pemangku kepentingan lainnya,tingkat akuntabilitas).

 

Jawaban:

GO BOOK “SIPINTAR” dapat ber kolaborasi dengan Organisasi Perangkat Daerah dan Stakeholder terkait dalam umapaya mewujudkan amanat undang undang No 43 Tahun 2007.

Indikator-indikator apa yang digunakan dalam evaluasi itu.

Jawaban:

1. Meratakan layanan informasi dan bacaan kepada masyarakat sampai ke daerah terpencil yang belum/tidak memungkinkan adanya perpustakaan permanen.

2. Memperkenalkan buku-buku dan bahan pustaka lainnya kepada publik

3. Membantu perpustakaan umum dalam mengembangkan pendidikan nonformal kepada publik luas

4. Target dan strategi pengembangan pengelolaan

Gambarkan/apa hasil evaluasi tersebut?

Jawaban:

Evaluasi sementara, GOBOOK “SIPINTAR” bagi masyarakat dapat memperoleh kemudahan:

1.                   Akses

2.                   Informasi yang di butuhkan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

BENTUK PROMOSI PERPUSTAKAAN

PROPOSAL INOVASI PELAYANAN PUBLIK

PEMASYARAKATAN MINAT DAN KEBIASAAN MEMBACA UNTUK MENDORONG TERWUJUDNYA MASYARAKAT PEMBELAJAR (EVEN INSIDENTIL)